Rabu, 17 April 2013

DESIGN

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan membahas segala tentang design, design memiliki prinsip. ada juga ide ide untuk membuat suatu design. lalu tantangan apa saja ya yang ada dalam membuat design? Kalau contoh suatu design dalam kehidupan sehari-hari itu apa? Semuanya akan dikupas tuntas disni, termasuk juga tentang Graphic Design.

Prinsip Design
Dalam membuat suatu design, diperlukan beberapa prinsip. Prinsip tersebut berguna untuk panduan kita membuat design dengan baik dan benar, Prinsip-prinsip design itu adalah sebagai berikut:

  1. Kesederhanaan, design yang sederhana membuat manusia mudah untuk menerima informasi.
  2. Kontras, membuat design dengan warna yang jauh berbeda dari halaman latar.
  3. Keseimbangan, seimbang dalam menyediakan informasi dengan kesan formal/informal, stabil dan penuh sinergi.
  4. Kesatuan (harmoni), gabungan dari beberapa elemen design yang menjadi sebuah fungsi yang baru.
Ide dalam Membuat Deisgn
Ada banyak cara untuk mencari ide-ide yang bagus dalam membuat design, bisa dari design orang lain, dari televisi, maupun dari alam.
Menciptakan sebuah ide tidaklah sulit, maupun mudah. Bagus atau tidaknya sebuah ide tergantung oleh Designer itu sendiri, semakin sering seorang Designer membuat sebuah design, maka semakin terlatih dirinya untuk membuat ide-ide baru.

Ada saatnya dimana seorang Designer kehabisan ide untuk mencari ide, sebaiknya istirahat sejenak untuk melepas penat setelah berkali-kali mencari ide, agar otak dan pikiran kembali segar dan bisa melanjutkan kembali untuk mencari ide.

Ide dan konsep suatu desain terkadang datang dengan spontan setelah pemikiran yang cukup lama, itu adalah hal yang biasa dalam dunia design, namun hasil akhir lah yang terpenting. Untuk memudahkan kita dalam mencari sebuah ide, sebaiknya juga menanyakan kepada yang lebih berpengalaman dalam jenis design tersebut. Tentu nantinya kamu akan lebih mengerti dalam mencari design tersebut.

Tantangan dalam Membuat Design
Mengambil bagian dalam tantangan desain adalah satu-satunya pilihan untuk startups tersebut untuk mendapatkan desain halaman webterjangkau untuk bisnis. Tantangan saat ini dalam membuat suatu design antaralain:
  • Proses pembuatan yang lebih rumit
  • Metode perancangan 
  • Produk hasil Rancangan
  • Disiplin ilmu yang digunakan
Contoh Design dalam Keseharian
Banyak sekali contoh-conton design yang ada dikeseharian kita, berikut ini akan dilampirkan sebagian kecil dari contoh design dalam kehidupan seharo-hari:
  • Design Kartu Nama
  • Design Komunikasi Visual
  • Design Interior Ruangan
  • Design Spanduk
  • Dll.
Design Graphic

Contoh Design Graphic
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.



Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar