Selasa, 12 Mei 2015

Perbedaan Present Perfect Tense dan Simple Past Tense

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sebelum membahas tentang perbedaan present perfect tense dan simple past tense, sebenarnya kedua tenses ini memiliki kesamaan. Kesamaan antara keduanya yaitu keduanya sama-sama berfungsi untuk menunjukkan kegiatan yang telah dilakukan, namun kesamaan tersebut yang harus dimengerti bahwa sebenarnya ada sedikit perbedaan.

  • Definisi
Present Perfect Tense yaitu tense yang menunjukkan pekerjaan yang sudah dikerjaan pada waktu yang belum lama dikerjakan, meskipun sudah lama tetap akan menunjukkan bahwa "dirinya" pernah melakukannya.
Simple Past Tense yaitu tense yang menunjukkan pekerjaan yang telah dikerjakan diwaktu lampau tanpa memberitahukan apakah dirinya telah atau sedang dilakukan.

  • Waktu
Present Perfect Tense tidak menggunakan keterangan waktu yang lampau, namun bisa menggunakan keterangan waktu disaat periode yang sama.
Contoh: I have sent the message today (Saya telah kirim pesan hari ini)

Simple Past Tense menggunakan keterangan waktu yang lampau secara spesifik, yaitu penggunaan waktu lampau yang telah terlewati.
Contoh: I went to Karawang last week (I pergi ke Karawang minggu kemarin)


  • Aktifitas
Present Perfect Tense menunjukkan aktifitas yang baru saja dilakukan, bisa juga menunjukkan aktifitas diwaktu lampau dengan tujuan untuk memberitahu bahwa dirinya pernah melakukan itu.
Contoh: I've ever gone to Karawang with my family (Saya sudah pernah pergi ke Karawang dengan keluarga saya)

Simple Past Tense menunjukkan aktifitas yang dilakukan diwaktu lampau secara spesifik tanpa memberitahukan apa telah dilakukannya.
Contoh: I sent you a message at 8 p.m yesterday, but you didn't reply (Saya telah mengirimkanmu pesan jam 8 malam kemarin, tapi kamu tak membalas)

  • Akibat setelah Aktifitas
Present Perfect Tense menunjukkan bahwa aktifitasnya baru saja dikerjakan, sehingga akibat yang ditimbulkan masih dirasakan.
Contoh: Be careful with that chair, i've just painted it (hati-hati dengan bangku itu, saya baru saja mengecatnya)

Simple Past Tense menunjukkan aktifitas yang telah lampau dilakukan, sehingga akbit yang dirasakan tidak terlalu terasa.
Contoh: I played badminton last week (Saya bermain bulu tangkis minggu kemarin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar